MANFAAT e-Learning untuk PENDIDIKAN

Sahabat…Kita tahu bahwa pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengembangkan berbagai aplikasi dalam dunia pendidikan. Yang diharapkan dalam beberapa tahun kedepan negara ini tidak tertinggal dengan negara tetangga yang telah selangkah lebih maju dalam pengembangan di dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi. 

Dalam dunia pendidikan ada proses belajar mengajar antara guru yang meng-share kelimuannya dengan siswa yang menerima ilmu pengetahuan melalui guru ajarnya. Himbauan Pemerintah adalah mengembangkan model pembelajaran yang lebih efektif, efisien dan tentu saja menyenangkan disamping juga memanfaatkan kemajuan teknologi. Baik secara online maupun offline. Salah satu software yang mumpuni dan gratis (free..ni yee) adalah e-learning. Kita tahu bahwa e-learning adalah proses pembelajaran yang bisa dilakukan menggunakan jaringan local maupun maupun international.

E-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yangmemungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet ataumedia jaringan komputer lain (DarinE. Hartley dalam Wahono : 2003).

Berikut adalah 5 manfaat utama pembelajaran e-learning sebagai alternatif pengembangan pembelajaran, bila dibandingkan dengan model tradisional pembelajaran yang dilakukan selama ini, yakni :
1. SISWA LEBIH AKTIF DALAM PROSES BELAJAR 
Inilah yang menjadi tujuan pembelajaran akhir yakni mengaktifkan siswa dalam mendapatkan pengetahuan. Peserta didik diberikan pilihan untuk berinovasi ,ingin mobile, relevan, sesuai dengan konten pada titik kebutuhan saat guru memberikan tugas atau memberikan materi. Plus, digital, pembelajaran diri yang bisa diakses tidak hanya di satu tempat saja melainkan ditempat lain seperti diluar ruang kelas sehingga siswa dapat menerapkan apa yang telah mereka pelajari langsung.

2. EFISIEN WAKTU
Kecepatan pengiriman materi, tugas melalui e-learning berkali lipat dibandingkan dengan siklus pengiriman kelas berbasis tradisional. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa e-learning mengurangi waktu belajar dengan setidaknya 25 sampai 60 persen bila dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. E-learning menghemat waktu pembelajaran dikarenakan:
a. Tidak memakan waktu lama untuk memulai dan mengemas sesi pembelajaran
b. Peserta didik dapat mengatur kemampuan materi sendiri
c. Tidak memakan waktu perjalanan karena harus datang ke tempat pembelajaran atau ruang belajar
d. Peserta didik dapat fokus pada program yang mereka butuhkan untuk belajar dan dapat melewati 
    apa yang sudah mereka ketahui

3. COST ATAU BIAYA YANG LEBIH RENDAH
Karena kecepatan dan kemudahannya dimana e-learning disampaikan, biaya pembelajaran dan pengembangan berkurang drastis. Misalnya mengurangi waktu pelatihan serta penghematan biaya-efektif dalam hal pelatih, materi kursus, perjalanan dan akomodasi. 

4. PEMBELAJARAN LEBIH EFEKTIF
Ini adalah contoh salah satu kasus Kineo salah satu sekolah international yang menerapkan penggunaan e-learning baik bagi siswa maupun guru dan karyawannya yakni :
a. Menumbuhkan perilaku yang lebih baik terhadap format elearning dan pelatihan secara umum
b. Meningkatkan skor perolehan pada tes, sertifikasi atau evaluasi lainnya
c. Peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai tingkat penguasaan materi
d. Kemampuan lebih besar untuk menerapkan pengetahuan dalam pekerjaan guru dan karyawan

5. DAMPAK LINGKUNGAN YANG DITIMBULKAN RENDAH
Dengan menggunakan pembelajaran e-learning sebagai alternatif dalam pengajaran berarti mengurangi penggunaan pembelajaran berbasis kertas pada kelas tradisional. Akhirnya E-learning adalah cara yang efektif untuk organisasi yang secara signifikan mengurangi jejak karbon mereka.

No comments

Powered by Blogger.